eLFISTA "Proses cepat penguasaan IPTEK Insan Cerdas dan Kreatif"

Transformasi Kuliah Daring

 
 
Picture of Pa' Dendar98
Transformasi Kuliah Daring
by Pa' Dendar98 - Saturday, 16 January 2016, 8:52 AM
 

Kuliah daring atau Online Courses adalah bagian dari pengembangan e-learning disamping materi terbuka (open content) dan kuliah terbuka (open courses) yang diaplikasikan oleh webportal personal dosen. Sistem ini didedikasikan untuk mempercepat transformasi pembelajaran yang berorientasi penguasaan dan perluasan IPTEK bukan sekedar tujuan-tujuan pembelajaran formalistik. Dengan anda bergabung dan berpartisipasi aktif didalamnya, berarti anda termasuk bagian penting dalam misi mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Jangan pernah berhenti menggagas demi Indonesia CERDAS!.

Berbagi Ilmu Pengetahuan di Kelas Kuliah Daring, Menambah dan Memperkaya Khazanah Pengetahuan demi Indonesia Cerdas. Terdapat 3 fungsi penyelenggaraan pembelajaran daring, yaitu Suplemen-Komplementer-dan Substitusi.

Tambahan (suplement) bagi proses pembelajaran konvensional. Pada fungsi ini, kegiatan pembelajaran konvensional/reguler disyaratkan harus sudah berjalan secara normal. Dosen berkewajiban menyiapkan seluruh materi di LMS pembelajaran daring, sementara mahasiswa memiliki kesempatan/pilihan untuk menggunakan e-materi tersebut sebagai tambahan dari materi yang disampaikan di kelas atau saat tatap muka. 

Pelengkap (complement) bagi proses pembelajaran konvensional. Sebagaimana pada fungsi tambahan, kegiatan pembelajaran konvensional/reguler disyaratkan harus sudah berjalan secara normal dan dosen berkewajiban menyiapkan berbagai materi kuliah di LMS pembelajaran daring. Selanjutnya mahasiswa, khususnya yang telah memahami materi yang disajikan di kelas ditugaskan untuk menggunakan materi yang ada di LMS pembelajaan daring sebagai tambahan atau pengayaan dari materi yang disampaikan di kelas. Selain itu, materi yang disampaikan di kelas juga tersedia di LMS pembelajaran daring, khususnya bagi mahasiwa yang perlu memahami kembali atau kesulitan memahami saat pembelajaran tatap muka atau di kelas. Untuk kasus ke dua ini maka sebaiknya materi yang disajikan harus sangat mudah dipahami dan bersifat interaktif.