eLFISTA "Proses cepat penguasaan IPTEK Insan Cerdas dan Kreatif"

Kumpulan Startup Pendidikan di Indonesia

 
 
Picture of Deni Darmawan, SE.M.Si
Kumpulan Startup Pendidikan di Indonesia
by Deni Darmawan, SE.M.Si - Tuesday, 20 March 2018, 5:28 PM
 

Pertumbuhan startup pendidikan di Indonesia memang bisa dibilang belum secepat ranah lainnya, seperti e-commerce misalnya. Meskipun demikian, sudah ada beberapa startup lokal yang ambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini.

Berikut ini adalah beberapa startup pendidikan yang telah beroperasi di tanah air, dilansir dari techinasia.com (6/3/2017).

RuangGuru

RuangGuru | Screenshot

Ruangguru adalah sebuah marketplace yang bisa menghubungkan para pelajar dengan guru-guru berkualitas. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan materi pembelajaran yang bisa diakses secara online.

RuangGuru telah mendapat pendanaan Seri A sebesar tujuh digit dalam dolardari Venturra Capital. Mereka pun telah meluncurkan aplikasi khusus untuk memudahkan para orang tua dalam mengontrol perkembangan belajar anak-anak mereka di layanan RuangGuru.

Download aplikasi RuangGuru di sini


HarukaEdu

HarukaEdu | Screenshot

HarukaEdu adalah sebuah platform belajar online yang bisa digunakan oleh para lembaga pendidikan. Hingga saat ini, mereka telah bekerja sama dengan enam instansi pendidikan, yaitu London School of Public Relations, Universitas Wiraswasta Indonesia, President University, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, ESQ Business School, dan Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Pada tanggal 7 November 2016 yang lalu HarukaEdu mengumumkan pendanaan sebesar US$2,2 juta (sekitar Rp29 miliar) yang dipimpin oleh Pearson Affordable Learning Fund (PALF) dan Samator Education. Mereka pun merupakan salah satu startup yang terpilih untuk mengikuti program akselerator Google Launchpad.

Kunjungi situs HarukaEdu di sini


Squline

squline kursus online jepang|web

Squline adalah situs belajar bahasa asing yang bisa menghubungkan para siswa dengan para penutur asli yang berasal dari negara asing tersebut. Saat ini, mereka telah menyediakan kelas untuk belajar Bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang.

Pada tahun 2016 yang lalu, Squline mendapat investasi Pra Seri A dari Prasetia Dwidharma.

Kunjungi situs Squline di sini


PesonaEdu

PesonaEdu | Screenshot

PesonaEdu merupakan penyedia konten digital serta software pendidikan yang bisa digunakan oleh masyarakat tanah air. Mereka merupakan salah satu pelopor startup edukasi di Indonesia, dan telah meluncurkan PesonaEdu Store untuk menjual berbagai konten yang mereka miliki.

Kunjungi situs PesonaEdu di sini


Zenius

Zenius | Screenshot

Zenius merupakan sebuah platform online yang menyediakan video pembelajaran serta worksheet untuk para siswa. Situs ini sudah memiliki puluhan ribu video pembelajaran yang bisa dilihat dengan membeli voucer serta mengaktifkan akun premium terlebih dahulu.

Selain video online, Zenius juga menjual VCD dan DVD bagi mereka yang memiliki akses internet terbatas yang bisa dibeli secara online, maupun di reseller offline Zenius yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kunjungi situs Zenius di sini


WardayaCollege

WardayaCollege | Screenshot

WardayaCollege adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu untuk belajar secara online. Selain menyediakan video pembelajaran, WardayaCollege juga menyediakan beberapa kuis gratis bagi para penggunanya.

Berbeda dari pemain serupa yang memfasilitasi berbagai pelajaran, WardayaCollege berfokus pada pelajaran matematika dan sains.

Kunjungi situs WardayaCollege di sini


Kelase

Kelase | Screenshot

Kelase merupakan startup yang bisa menyediakan platform kelas online bagi sekolah, perusahaan, maupun komunitas. Beroperasi sejak bulan Maret 2013, saat ini mereka mengklaim telah mempunyai 105.000 pengguna.

Pada tahun 2014 yang lalu, Kelase telah mendapat pendanaan tahap awal dari PT. Insight Investments.

Kunjungi situs Kelase di sini


GoeSmart

Goesmart | Screenshot

GoeSmart merupakan media sosial bagi siswa, guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat umum di Indonesia. Selain menjadi semacam bank lesson plan(RPP) dan toko pengetahuan bagi para guru, GoeSmart juga menawarkan fitur yang disebut G-Messenger, yaitu aplikasi chat yang memungkinkan semua pihak untuk berkomunikasi untuk membahas kemajuan belajar siswa.

Kunjungi situs GoeSmart di sini


BulletinBoard

BulletinBoard | Screenshot

BulletinBoard adalah aplikasi yang bisa menghubungkan para guru dengan wali murid agar tetap bisa memantau berbagai kegiatan serta perkembangan anaknya di sekolah. Melalui platform ini, sang guru bisa memberikan berbagai informasi seputar kegiatan di sekolah, PR dan tugas, hingga perkembangan akademis dan perilaku anak.

Unduh aplikasi BulletinBoard di sini


7Pagi

7Pagi | Screenshot

7Pagi merupakan platform interaksi yang bisa digunakan untuk menghubungkan guru dengan orang tua siswa. Dengannya orang tua siswa dapat memantau dan mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah melalui smartphone.

7Pagi memiliki empat fitur utama yaitu Diary sebagai pengganti buku penghubung, Information yang dirancang untuk menggantikan surat edaran, Class Activities untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan kelas, dan Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah.


sumber: techinasia.com